Cedera Marquez Rusak Semua Rencana Honda di MotoGP 2020

AALST – Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, memberikan komentar soal cedera yang dialami oleh Marc Marquez di MotoGP musim 2020. Puig mengakui bahwa cedera Marquez itu telah merusak semua program Tim Honda di MotoGP 2020.

Sebagaimana diketahui, kiprah Tim Honda di MotoGP 2020 memang jauh dari kata membalas. Bagaimana tidak dari 14 balapan yang dilalui di MotoGP musim ini, Tim Honda hanya siap mengoleksi dua podium.

Adalah Alex Marquez yang lulus mempersembahkan dua podium tersebut kepada Tim Honda ketika menjalani balapan di MotoGP Prancis serta Aragon 2020. Kondisi itu berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di kejuaraan dunia tahun lalu.

Ya, pada MotoGP 2019, Tim Honda bersama Marquez benar-benar tampil mengatasi dengan mampu mengoleksi 18 tribune, yang 12 diantaranya adalah hasil. Hal tersebut pun membuat Awak Honda mampu menutup MotoGP 2019 dengan raihan triple crown.

Baca Juga: Marquez Siap Rebut Mahkota Juara dibanding Joan Mir di MotoGP 2021

Performa Tim Honda pada kejuaraan dunia MotoGP 2020 pun semakin menguatkan prinsip mengenai mereka mampu mendominasi cuma karena diperkuat oleh Marquez, bukan karena memiliki motor tercepat.

Bahkan di klasemen tim MotoGP 2020 saja, Tim Honda harus puas menempati posisi ke-9 dengan hanya mampu meraih 101 poin dari 14 balapan. Sementara di klasemen konstruktor MotoGP 2020, Tim Honda berada di urutan kelima atau hanya lebih sejak Aprilia yang berstatus juru pokok.