Nusantara Jadi Cadangan Tuan Rumah MotoGP, Dorna Sports Melihat Kesiapan Bandara Lombok

JAKARTA – Pihak Dorna Sports selaku promotor MotoGP melakukan peninjauan ke Bandara Lombok. Peninjauan dilakukan dalam rangka melihat kesiapan fasilitas Bandara Lombok dalam menyambut gelaran adu balapan motor MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Lombok, Nugroho Jati, mengatakan tersedia beberapa pengembangan yang dilakukan oleh perseroan dalam menyambut event balap motor dunia tersebut. Seperti misalnya, perpanjangan serta peningkatan daya dukung landas pacu (runway).

“Saat ini tengah dikerjakan perpanjangan landasan pacu (runway) dari 2. 750 meter menjadi 3. 300 meter serta peningkatan daya bawa runway agar dapat menolong operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777 dan pesawat kargo logistik MotoGP, ” ujar Nugroho Jati dalam keteranganya, Rabu (7/4/2021).

Selain itu, pihaknya juga melayani perluasan apron sisi barat. Tak kalah penting, tersedia pengembangan fasilitas kargo di Bandara Lombok.

BACA JUGA: Penuhi Permintaan Valentino Rossi Dkk, Dokumenter MotoGP Langsung Digarap

“Selain itu, dilakukan pula perluasan apron sisi barat, daripada 25. 553 m2 berkapasitas 18 pesawat narrow body dan 4 pesawat wide body akan diperluas menjadi 50. 923 m2 berkapasitas 18 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body, ” kata Nugroho Jati.

BACA JUGA: Absen pada 2 Seri Awal, Dorna Yakin Marc Marquez Sedang Berpeluang Juara Dunia

Mengenai proyek landasan pacu padahal diupayakan agar bisa rampung pada Mei 2021. Semula, proyek landasan pacu tersebut ditergetkan bisa rampung di September 2021.

“Proyek landas pacu yang bahan awal penyelesaiannya pada bulan September 2021, kami upayakan percepatan agar dapat siap pada Mei 2021. Sesudah dilakukan verifikasi oleh Kementerian Perhubungan RI, harapannya runway sepanjang 3. 300 meter ini sudah dapat jalan pada Juni 2021, ” jelas Nugroho.