Rombongan Indonesia Kirim 20 Olahragawan untuk Tampil di Olimpiade Tokyo 2020

JAKARTA – Kontingen Nusantara mengumumkan daftar sementara atlet yang bakal mentas pada ajang Olimpiade Tokyo 2020. Salah satunya adalah atlet selancar, Rio Waida. Ya, Rio sendiri lolos setelah International Surfing Association (ISA) mengumumkan realokasi slot pada Sabtu, 5 Juni 2021 lalu.

ISA mengalokasikan slot Olimpiade tersebut setelah dua peselancar Jepang, Hiroto Ohhara dan Shun Murakami lolos ke final World Surfing Games (WSG) 2021 di El Savador. Awalnya, Murakami sudah mencetak slot Olimpiade Tokyo 2020 karena berhasil finis dalam urutan keempat saat medan WSG 2019.

Namun, karena Rio adalah peselancar yang mendapatkan peringkat kesembilan dalam ajang WSG 2019 dan dianggap memenuhi syarat. Sementara itu, Jepang sudah memesan satu slot untuk atlet mereka, Kanoa Igarashi, karena merupakan berharta di 10 besar Gabungan Selancar Dunia.

Di samping itu, selancar merupakan cabang olahraga debutan dalam Olimpiade Tokyo 2020. Ada dua medali yang diperebutkan dalam cabor ini yakni putra dan ananda.

Mengaji Juga: Jelang Hadir di Olimpiade Tokyo 2020, Tim Tunggal Putra Indonesia Matangkan Persiapan

Rio merupakan olahragawan pertama yang mewakili Indonesia di cabang selancar. Terkait hal ini, Rio mengantarkan rasa syukurnya lewat akun media sosial pribadinya (@riowaida_), Senin (7/6/2021).

“Terima kasih kepada semuanya atas pesan yang disampaikan, saya tidak bisa menyambut semuanya karena terlalu penuh pesan yang masuk, ” tulisnya.