Valentino Rossi Segera Pensiun, The Doctor Tinggalkan Warisan untuk Dunia Balap Italia

TAVULLIA – Presiden Federasi Motor Italia, Giovanni Capioli, berterima kasih kepada Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT). Sebab, Rossi telah mengukir begitu banyak prestasi dan meninggalkan warisan untuk dunia balap motor Italia.

Rossi adalah legenda hidup MotoGP. Pembalap Italia itu telah menjadi buah bibir sejak berlaga di kelas 125cc hingga MotoGP.

The Doctor -julukan Rossi- sempat mendominasi MotoGP pada masa jayanya. Dia pun mampu meraih tujuh gelar juara MotoGP. Rossi terakhir kali menjadi juara MotoGP pada musim 2009.

Secara keseluruhan, Rossi telah meraih sembilan gelar juara dunia (selain tujuh gelar juara MotoGP, ada satu gelar juara 125cc dan satu gelar juara 250 cc). Sayangnya, performa Rossi menurun dalam beberapa musim terakhir ini.

BACA JUGA: Bukan Marc Marquez, Valentino Rossi Pembalap Terhebat di MotoGP

Pembalap 42 tahun itu pun ada di persimpangan jalan sekarang. Dia harus memilih pensiun pada akhir musim 2021 atau lanjut balapan di MotoGP 2022.

Meski begitu, jelang akhir karier balapnya, Rossi telah meninggalkan warisan untuk dunia balap motor negaranya. Melalui akademi VR46, Rossi menelurkan para pembalap muda Italia untuk berlaga di dunia profesional.